Ummah Bireuen Gelar Wisuda, Ini Kata Ketua Muhammadiyah Aceh

Aug 31, 2023 8 mins read

Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Provinsi Aceh A Malik Musa SH MHum memberikan sambutan pada acara Sidang Terbuka Wisuda Universitas Muhammadiyah Mahakarya Aceh (Ummah) Angkatan I di Gedung Hj. Fauziah Convention Hall, Desa Cot Gapu Kecamatan Kota Juang Kabupaten Bireuen, Kamis (9/3/2023).Foto/Dok PMW Aceh).

1678429933807-img-20230309-wa0081.jpg

KBRN, Bireuen : Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Provinsi Aceh A Malik Musa SH MHum mengatakan, sejak didirikan Muhammadiyah sudah mulai membuka lembaga pendidikan, lembaga kesehatan/rumah sakit dan lembaga pemeliharaan anak yatim dengan mendirikan  panti-panti asuhan.

Hal itu dikatakan A Malik Musa saat memberikan sambutan pada acara Sidang Terbuka Wisuda Universitas Muhammadiyah Mahakarya Aceh (Ummah) Angkatan I Program Diploma, Sarjana dan Profesi Tahun Akademi 2022/2023 di Gedung Hj. Fauziah Convention Hall, Desa Cot Gapu Kecamatan Kota Juang Kabupaten Bireuen, Kamis (9/3/2023)

"Sekarang ini Muhammadiyah berkembang pesat terutama lembaga pendidikan, rumah sakit dan panti asuhan di seluruh Indonesia. Khusus untuk kampus Muhammadiyah saja seluruh Indonesia kini telah berjumlah 171 buah,"ujarnya.

Menurut A Malik Musa, ini Muhammadiyah telah membuka cabang Istimewa di 30 negara di berbagai belahan dunia, bahkan di Australia sudah mulai bangun kampus Muhammdiyah dan juga di Perlis Malaysia sudah ada kampus muhammadiyah.

"Untuk Provinsi Aceh Muhammadiyah sudah ada tujuh perguruan tinggi, yaitu Unmuha Banda Aceh, STIKes Muhammadiyah di Punge Banda Aceh, STKIP di Aceh Barat Daya (Abdya), STIT Abdya, Stihmat Takengon, Ummah Bireuen, dan STIKes Muhammadiyah Lhokseumawe,"sebutnya.

Sementara itu Pj Bupati Bireuen Aulia Sofyan, yang diwakili Asisten Bidang Pembangunan Dailami, SHut mengatakan, Pemkab Bireuen mendukung sepenuhnya kegiatan Muhammadiyah dalam memajukan pendidikan di Kabupaten Bireuen.

“Saya atas nama Pemerintah Kabupaten Bireuen menyampaikan selamat kepada para wisudawan beserta keluarga dan turut bangga dengan prestasi yang sudah berhasil diraih pada kesempatan ini,” ujarnya.

Selain itu Pj Bupati Bireuen Aulia Sofyan berharap, wisudawan dan wisudawati kiranya untuk dapat mengamalkan ilmu dan profesi  yang sudah diperoleh secara lebih bertanggungjawab dan berkualitas.

“Saya mengucapkan selamat dan sukses kepada para wisudawan/wisudawati. Semoga Saudara semua dapat dengan sukses mengarungi tahapan-tahapan pembentukan SDM unggul berikutnya, baik pada jenjang pendidikan selanjutnya maupun di lapangan kerja,” tambahnya.

Adapun yang diwisuda pada angkatan I tersebut adalah terdiri dari 70 orang dengan rincian D3 Keperawatan 36 orang, Profesi Ners delapan orang, Ilmu Keperawatan 11 orang, Pendidikan Ekonomi tiga orang dan Psikologi 12 orang. (*)